Cara Mengatasi Tongkat Persneling Oblak, Bergetar Atau Goyang. Memulai cari ide bisa lebih cepat jika menggunakan contoh, tepat kalau begitu anda mengunjungi situs yang mengulas berbagai macam tentang otomotif. Kendaraan sepeda motor hingga mobil bus dan truk. Memilih postingan ini untuk mengembangkan wawasan kamu, mengatur ide yang hendak dikeluarkan untuk memulai sebuah keinginan. Tentu saja semua itu diperlukan referensi, setidaknya setelah anda membaca disini, bisa sedikit mengetahui apa saja yang harus dilakukan. Kalau begitu selesaikan saja tulisan ini. Yang sering mengalami tuas persneling oblak biasanya mobil panther. Banyak cara mengatasi Tongkat Persneling Oblak atau bergetar bahkan sampai bergoyang. Memperbaiki bagian tongkat perseneling yang oblak cukuplah mudah. Dimana tongkat perseneling yang terdapat pada mobil merupakan salah satu elemen yang berfungsi sebagai transmisi manual yang mana bekerja untuk memindahkan gigi transmisi baik ketika naik dari gigi awal ke gigi yang lebih tinggi ataupun sebaliknya, untuk memindah gigi turun. Dengan fungsi yang demikian maka bisa dipastikan akan mendatangkan masalah kerusakan karena kerja berat dari tuas atau tongkat tersebut. Masalah yang sering terjadi adalah susahnya perseneling masuk pada lingkup kerja yang semestinya, bahkan bisa saja tuas perseneling mengalami kemacetan ataupun sampai terkunci. Masalah tersebut sangat menjengkelkan karena tuas perseneling yang oblak dapat memunculkan bunyi yang tidak menyenangkan dan bikin gregetan. Maka pada artikel kali ini kita akan membahas cara mengatasinya dan apa saja yang menyebabkan tuas tongkat persneling bisa sampai bergetar.
Cara Mengatasi Tongkat Persneling Oblak, Bergetar Atau Goyang

Penyebab Tongkat Persneling Begetar

Sebenarnya banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan pencegahan, ketika anda merasakan tuas maupun tongkat persneling mobil bertransmisi manual mengalami getaran yang cukup keras ketika sesudah mesin mobil hidupukan. Hal tersebut bisa di sebabkan karena masalah pada bagian sistem transmisi. Apalagi ketika proses kerja perpindahan gigi mobil terasa keras dan susah. Dan ternyara hal itu banyak disebabkan oleh pelat kopling atau bushing pada ujung tongkat persneling sudah mengalami keausan. Ketika hal tersebut terjadi, maka akan menimbulkan perasaan risih disebabkan oleh getaran, apalagi sampai muncul suara yang berisik pada sebagian ruang tuas persneling. Jadi, bagaimana cara mengatasi tongkat persneling oblak atau bergetar ini, khususnya pada mobil panther. Maka yang harus dilakukan adalah mencegahnya dahulu. Berikut cara mencegah tongkat persneling bergetar dan oblak.

Cara Mencegah Tongkat Persneling Oblak Dan Goyang

Gunakan transmisi secara aman dan baik. Dengan menggunakan transmisi secara benar maka komponen pada persneling akan awet. Bagaimana cara menggunakannya yang benar, maka anda perlu lakukan adalah pengoperasian komponen tersebut pada posisi tepat dan jangan lupa untuk mengganti oli dengan teratur. Ketika anda melakukan perpindahan antar gigi, semisal, injaklah bagian pedal kopling sampai posisi yang dalam, dengan begitu perpindahan tersebut tidak menyebabkan hentakan maupun terjadi gesekan kasar. Yang harus diperhatikan lagi selain hal diatas anda musti bisa menempatkan posisi gigi dengan cara yang sesuai dan benar. Maksudnya apabila mobil mengangkat beban banyak dan berat maka kecepatan pada kendaraan harus rendah dan tempatkan pula gigi pada tingkat rendah. Anda bisa menempatkan gigi pada level 1 atau 2. Banyak juga pengendara yang melakukan kesalahan lain seperti sering menginjak setengah kopling dan tidak terlalu dalam. Dengan begitu mengakibatkan pada permukaan plat kopling mudah aus. Maka akan terjadi rentetan masalah yang mengakibatkan kopling bermasalah menjalar ke tuas atau tongkat persneling oblak atau bergetar.
Tips mencegah bushing tongkat kopling cepat aus kedua adalah dengan cara anda ketika melakukan perpindahan gigi harus dilakukan dengan cara yang benar serta halus. Hal tersebut dapat mencegah bushing yang mana komponen tersebut terbuat dari bahan karet yang mudah robek dan aus. Posisi komponen yang terdapat pada ujung tongkat persneling pada bagian bawah dapat berfungsi sebagai sesuatu yang dapat meredam getaran. Sistem tersebut biasanya digunakan untuk mobil yang memiliki penggerak roda belakang.

Cara Mengatasi Tongkat Persneling Oblak

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa penyebab tongkat persneling oblak atau bergetar salah satunya karena tongkat transmisi pada mobil langsung menancap pada bagian transmisi mobil yang tidak menggunakan penghubung kabel, mobil yang sering mengalami hal ini biasa adalah mobil panther, kijang kapsul dan kijang innova sampai mobil ferroza bisa juga mobil tipe lainnya. Sebelum hal tersebut terjadi anda bisa mencegahnya mengalami kerusakan seperti yang sudah dijelaskan diatas. Namun jika hal tersebut tidak memungkinkan anda bisa langsung memperbaikinya sendiri. Berikut tips cara memperbaiki tongkat perseneling bergetar.

  • Pertama anda bisa memperbaiki tongkat transmisi bergetar dengan mengganti bushing yang sudah mengalami aus dengan piranti yang baru tentu saja anda mengeluarkan modal untuk menggantinya, maka dari itu lebih baik mencegah daripada mengobati, jika anda bisa memperbaikinya sendiri, itu lebih baik. Kalau anda tidak mampu melakukan anda bisa mencoba untuk membawahnya kebengkel terdekat.
  • Selanjutnya yang kedua anda bisa mencoba langsung melepas baut maupun skrup pada karet boot transmisi, untuk mobil yang tidak menggunakan skrup seperti mobil isuzu panther anda hanya perlu menarik keluar karet tempatnya. Untuk mobil yang memiliki boks tambahan maka anda pelru untuk melepasnya terlebih dahulu. Jika semuanya sudah terbuka maka sekarang anda akan melihat tongkat persneling yang rusak menancap pada bagian transmisi mobil anda lepas dan perbaiki dengan menggunakan yang baru.
Demikian anda sudah menemukan solusi cara mengatasi tongkat persneling panther oblak maupun yang terjadi pada mobil jenis lainnya. Semoga mobil anda yang memiliki bunyi getaran dan berisik sudah bisa teratasi dengan tips yang sudah dibagikan pada artikel ini. Jangan lupa untuk share di medsos agar teman anda yang mengalaminya bisa terbantu.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

© Copyright 2020 Belajar Otomotif - All Rights Reserved