Cara Membersihkan Kerak di Ruang Bakar Mesin Motor dengan Mudah. Memulai cari ide bisa lebih cepat jika menggunakan contoh, tepat kalau begitu anda mengunjungi situs yang mengulas berbagai macam tentang otomotif. Kendaraan sepeda motor hingga mobil bus dan truk. Memilih postingan ini untuk mengembangkan wawasan kamu, mengatur ide yang hendak dikeluarkan untuk memulai sebuah keinginan. Tentu saja semua itu diperlukan referensi, setidaknya setelah anda membaca disini, bisa sedikit mengetahui apa saja yang harus dilakukan. Kalau begitu selesaikan saja tulisan ini. Cara membersihkan kerak di Ruang Bakar Mesin Motor Dengan Mudah.  Ruang bakar adalah ruang yang terpenting dalam motor pembakaran dalam. Motor dengan pembakaran dalam, campuran bahan bakar dan udara dibakar di dalam ruang bakar setelah melalui proses pengkompresian oleh piston. Pembakaran yang terjadi secara terus menerus dan dalam waktu yang sangat cepat membuat ruang bakar motor menimbulkan kerak atau kotoran yang dihasilkan dari sisa-sisa pembakaran campuran udara dan bahan bakar tersebut.

Cara Membersihkan Kerak di Ruang Bakar Mesin Motor dengan Mudah
  • Apakah ada dampak dari kerak yang menempel di ruang bakar?
Kerak yang menempel di ruang bakar pada mesin atau motor dapat berdampak pada tenaga atau performa sepeda motor, semakin banyak kerak yang menempel di dinding ruang bakar akan mengakibatkan kinerja sepeda motor menjadi tidak maksimal.
Untuk mengecek apakah di ruang bakar mesin terdapat kerak atau tidak caranya adalah dengan membongkar mesin, jika yang mau diperiksa adalah mesin sepeda motor, maka sobat hanya perlu membongkar bagian kepala silinder saja untuk mengetahui apakah terdapat kerak atau tidak pada ruang bakar. Karena posisi ruang bakar mesin sepeda motor terletak pada kepala silinder.
Jika setelah sobat bongkar kepala silinder mesin sepeda motor dan sobat menemukan adanya kerak-kerak yang menempel pada dinding ruang bakarnya, segera lakukan tips-tips membersihkan kerak di di ruang bakar mesin berikut ini.

Cara membersihkan kerak di ruang bakar motor

Cara membersihkan kerak di ruang bakar mesin sebenarnya cukup mudah, sobat tinggal datang ke bengkel baik bengkel resmi ataupun bengkel biasa, itu cara mudahnya. Namun jika sobat ingin membersihkan sendiri kerak di ruang bakar maka sobat bisa membersihkannya dengan cairan pembersih kerak ruang bakar yang sudah banyak dijual di toko peralatan dan aksesoris motor. Bentuknya dalam kaleng dengan sistem semprot atau spray. Cara penggunaannya juga cukup mudah.
Buka terlebih dahulu saluran dari filter udara ke karburator, kemudian semprotkan cairan itu pada saluran masuk. Hidupkan mesin motor dengan cara starter atau engkol kemudian tarik tuas gas hingga angka pada rpm tinggi. Pada saat yang bersamaan, kembali semprotkan cairan itu pada lubang karburator dan usahakan agar mesin tidak mati. Ulangi langkah tersebut beberapa kali hingga mesin motor mati.
Setelah mesin motor mati selama kurang lebih 10 sampai 20 menit, nyalakan kembali mesin sepeda motor dengan cara starter. Tarik tuas gas hingga kecepatan rpm naik sedang. Kemudian lihatlah apakah knalpot menyemburkan asap putih pekat? Jika iya selanjutnya tarik terus tuas gas berulang-ulang.

  • Apakah ada cara yang lain?

Selain dengan cara diatas, sobat juga bisa mencoba cara lain yang pada prinsipnya sama, yaitu sama-sama menggunakan cairan pembersih kerak. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini.
Panaskan mesin motor hingga hangat lalu lepaslah busi dan semprotkan cairan ke lubang mesin melalui lubang busi. Setelah itu tunggu hingga kurang lebih 10 sampai 20 menit.
Nyalakan kembali mesin motor dengan starter dan tutuplah lubang busi dengan kain bersih dan sebisa mungkin pegangi kain tersebut agar tidak lepas. Kemudian lihatlah apakah ada butiran-butiran kerak yang menempel di mesin? Atau apakah ada cairan?
Jika sudah pasang kembali busi dan nyalakan mesin motor. Tariklah tuas gas dengan kencang hingga rpm naik beberapa kali. Perhatikan apakah terdapat asap putih mengepul dari knalpot? Bila iya berarti kerak sudah luruh atau mencair dan kembali ikut terbakar di ruang bakar. Dengan begitu berarti ruang bakar mesin motor sobat sudah bersih kembali dari kerak-kerak.

Demikianlah Cara membersihkan kerak di Ruang Bakar Mesin Motor Dengan Mudah. Semoga artikel ini membantu sobat. Jangan lupa untuk share artikel ini jika memang bermanfaat, Salam otomotif!

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

© Copyright 2020 Belajar Otomotif - All Rights Reserved