Tips Memilih Helm Yang Bagus Dan Berkualitas. Memulai cari ide bisa lebih cepat jika menggunakan contoh, tepat kalau begitu anda mengunjungi situs yang mengulas berbagai macam tentang otomotif. Kendaraan sepeda motor hingga mobil bus dan truk. Memilih postingan ini untuk mengembangkan wawasan kamu, mengatur ide yang hendak dikeluarkan untuk memulai sebuah keinginan. Tentu saja semua itu diperlukan referensi, setidaknya setelah anda membaca disini, bisa sedikit mengetahui apa saja yang harus dilakukan. Kalau begitu selesaikan saja tulisan ini. Helm adalah alat pelindung kepala yang digunakan untuk para pegendara, tidak hanya sepeda motor, bahkan bikers sepeda pun harus memakai helm untuk melindungi kepala mereka. Namun akhir-akhir ini helm tidak hanya digunakan sebagai pelindung kepala saja, namun juga sudah menjadi bagian dari gaya hidup dan style para pengendara. Dengan munculnya berbagai jenis helm yang bermotif dan bercorak seni serta desain-desain batok yang kurang savety sehingga fungsi helm pun sudah bergeser ke trend seni.
Tips Memilih Helm Yang Bagus Dan Berkualitas

Seringkali orang yang membeli helm tidak melihat helm sebagai alat pelindung diri, namun lebih sebagai gaya hidup padahal itu adalah sebuah kesalahan. Karena helm itu adalah salah satu perangkat wajib yang harus dipakai oleh pengendara demi keselamatan mereka sendiri. Oleh karena itu sebelum membeli helm, telitilah supaya sobat dapat memilih helm yang bisa menjaga keselamatan kepala dari benturan tanpa meninggalkan rasa nyaman dalam menggunakannya.


Helm terbuat dari bahan yang tahan terhadap benturan yaitu bahan kevlar atau serat resin. Pada beberapa negara helm adalah hal atau perangkat yang wajib dibawa dan dipakai oleh para pengendara. Begitupula di Indonesia, kewajiban menggunakan helm telah dicetuskan oleh Kepala Kepolisian Hoegeng pada tahun 70-an, walaupun mendapatkan penoloakan pada saat itu. Hingga pada akhirnya helm berhasil ditetapkan sebagai perlengkapan yang wajib dibawa dan dipakai bagi pengendara motor berdasarkan Undang-Undang No.14 tahun 1992.

Tips Memilih Helm Yang Bagus Dan Berkualitas

Berdasarkan undang-undang tersebut maka sebaiknya sobat lebih teliti lagi ketika membeli sebuah helm karena helm adalah perlengkapan yang sangat penting. Nah pada artikel ini saya akan memberikan sebuah tips tentang tips memilih helm yang baik. Ada beberapa tips dalam memilih helm yang baik menurut Frans Lee, berikut tipsnya

  • Dalam memilih helm, pilihlah yang sesuai dengan ukuran kepala, tidak terlalu sempit dan juga tidak terlalu longgar. Karena jika ukuran helm terlalu sempit maka pengguna helm tentu akan merasa sakit pada kepala dibagian kiri, kanan dan atas. Jika ukuran helm terlalu longgar maka pengguna helm juga tidak akan nyaman karena helm akan bergerak atau kocak ketika tertiup angin atau saat kecepatan tinggi. Tentu ini akan berbahaya jika ada benturan karena helm mudah terlepas.
  • Pilih helm yang baan shellnya keras atau tidak lemtur, berbahan keras pada luar helm sangat penting dalam perlindungan kepala yang maksimal.
  • Pilih helm yang dapat melindungi semua bagian pada tempurung kepala, sebaiknya memilih helm yang fullface atau minimal openface karena tipe-tipe helm ini adalah yang paling maksimal dalam melindungi bagian kepala ketika berkendara.
  • Pilih helm dengan bagian inner/dalam yang lembut untuk kenyamanan. Bagian dalam helm atau kain yang lembut mempunyai kemampuan maksimal dalam menyerap keringat. Memilih bagian dalam helm yang lembut dapat membuat sobat nyaman meskipun memakainya dalam waktu yang lama.
  • Memilih helm yang lapisan pengaman dalamnya tebal. Ini berguna untuk mengimbangi lapisan luar yang keras, dan juga bagian dalam helm yang tebal dapat meredam benturan pada benda keras lain yang bisa saja terjadi.
  • Pilih helm yang tali pengikatnya kuat, hal ini penting agar helm tidak mudah terlepas dari kepala ketika pengendara jatuh dari motor atau ada benturan.
  • Pilih helm yang memenuhi standar yang sudah ditentukan. Helm yang memenuhi standar keamanan berarti sudah lolos proses uji, sehingga sobat akan merasa lebih aman dan nyaman dalam menggunakan helm tersebut. 
Demikianlah tips memilih helm yang baik dan benar, semoga bermanfaat dan dapat kita praktikkan. Silahkan dishare ya. Salam Otomotif!

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

© Copyright 2020 Belajar Otomotif - All Rights Reserved