Cara Menambal Ban Tubles Sendiri Yang Benar Seperti Planet Ban. Memulai cari ide bisa lebih cepat jika menggunakan contoh, tepat kalau begitu anda mengunjungi situs yang mengulas berbagai macam tentang otomotif. Kendaraan sepeda motor hingga mobil bus dan truk. Memilih postingan ini untuk mengembangkan wawasan kamu, mengatur ide yang hendak dikeluarkan untuk memulai sebuah keinginan. Tentu saja semua itu diperlukan referensi, setidaknya setelah anda membaca disini, bisa sedikit mengetahui apa saja yang harus dilakukan. Kalau begitu selesaikan saja tulisan ini. Cara menambal ban tubles sendiri yang benar seperti planet ban. Harga tambal ban tubles ditempat kita terdekat memang mahal, oleh karena itu mencoba cara menambal ban tubles sendiri seperti planet ban bisa dilakukan untuk ban motor atau mobil anda dirumah. Apa itu ban tubeless? Ban tubeless adalah ban yang tidak menggunakan ban dalam. Jika pada ban biasa pasti ada ban dalam yang berfungsi untuk menahan udara di dalam ban. Sedangkan pada ban tubeless udaranya di tahan oleh suatu lapisan yang ada di dalam ban, yaitu lapisan karet yang kedap udara. Dan oleh karena itu ban tubeless tidak lagi memerlukan ban dalam, baik ban tubeless motor maupun ban tubeless mobil. Walaupun ban tubeless tidak ada ban dalamnya namun tetap menggunakan pentil (air valve), yang mana pentil tersebut langsung dipasang pada pelek roda.
Cara Menambal Ban Tubles Sendiri Yang Benar Seperti Planet Ban

Ban tubeless terkenal tahan dengan tusukan paku, jika ada tusukan paku atau benda lainnya, maka tidak langsung kempes seperti ban umumnya, hal ini karena adanya suatu lapisan karet tadi yang ada di dalam ban. Itulah yang membuat harga ban tubeless juga lebih mahal dari pada ban biasa. Namun walaupun tahan terhadap tusukan paku atau benda lancip lainnya, bukan berarti ban tetap aman digunakan, lama kelamaan ban akan tetap kempes, oleh karena harus dilakukan perbaikan yaitu dengan cara menambal atau tambal ban tubeless, cara menambal ban tubeless sebenarnya tidak sulit-sulit amat dan sobat dapat menambal ban tubeless sendiri di rumah. Kemudian selama tusukan dari paku atau benda runcing lainnya tidak merobek permukaan ban tubeless atau membuat sobek ban tubeless, maka ban tubeless tersebut masih dapat diperbaiki. Nah bagaimana cara tambal ban tubeless yang bagus? Berikut ini akan Blog Belajar Otomotif bahas, dan sobat bisa tambal ban tubeless sendiri di rumah, karena caranya sangat mudah.

Menambal ban tubeless juga harus memperhatikan prosedur yang ada dan tidak boleh asal menambal seperti ban pada umumnya, jika menambal ban biasa mungkin sobat sudah paham, bagi yang belum silahkan pahami dulu artikel saya tentang cara tambal ban kendaraan yang benar.

Kendaraan baik itu mobil maupun sepeda motor pasti membutuhkan ban yang menempel pada velg yang kemudian disebut dengan roda. Dan tidak mungkin kendaraan dapat berjalan tanpa roda. Karena rodalah yang merupakan komponen terakhir yang berputar yang mana tenaga putarnya berasal dari proses pembakaran pada ruang bakar silinder. Ban kendaraan sendiri berfungsi menopang seluruh beban kendaraan pada kondisi jalan yang bermacam-macam. Selain itu ban kendaraan juga memungkinkan kendaraan dapat berjalan dengan baik.

Ban sebagaimana komponen pada kendaraan yang lain juga memiliki umur pemakaian, artinya ban tidak dapat selamanya dipakai. Ada kalanya ban kendaraan rusak karena beberapa faktor diantaranya: ban bocor, ban menggembung atau tidak rata, tambalan ban sudah terlalu banyak, pentil ban berkarat sehingga tidak bisa melekat dengan baik pada ban dalam, dan kerusakan-kerusakan yang lain yang mungkin terjadi pada ban.


Terkait dengan kebocoran ban disini saya akan memberikan tips atau cara bagaimana cara menambal ban kendaraan yang benar. Tambal ban sendiri memang merupakan bisnis yang lumayan menghasilkan di negara Indonesia, walaupun di negeri pembuat kendaraan semisal Jepang jarang ditemukan jasa tambal ban, namun di Indonesia tambal ban seperti warung makan saja, yakni kita dapat menemukannyadi pinggir-pinggir jalan. Nah bagi sobat yang ingin belajar cara menambal ban sendiri maka ikutilah tips atau cara berikut ini.

Prosedur Menambal Ban Dalam Kendaraan

Sebelum kita belajar bagaimana caranya nambal ban dalam kendaraan, hal yang perlu kita persiapkan adalah alat-alatnya, karena kita tidak mungkin dapat bekerja atau menambal ban tanpa ada alat-alat yang diperlukan semisal alat pemanas, obeng minus atau yang semisal yang dapat digunakan untuk mencongkel ban, alat pengepres ban, gunting, korek api, dan beberapa kunci yang digunakan untuk membuka ban. Jika semua alat-alat tersebut sudah disediakan maka kita masuk langkah berikutnya, yaitu cara dalam menambal ban dalam kendaraan adalah sebagai berikut:

  • Lepas ban dalam pada roda kendaraan sesuai dengan prosedur melepas ban dalam.
  • Pasangkan pentil pada ban kemudian ban dalam tersebut diberi tekanan angin menggunakan pompa manual atau kompresor, tekanan yang disarankan adalah kurang lebih 3 kg/cm2.
  • Untuk mengecek adanya kebocoran atau tidak pada kendaraan, caranya adalah dengan memasukkan ban dalam yang telah diberi angin tersebut ke dalam bak berisi air. Putar ban tersebut sambil dilihat, hingga kita melihat adanya gelembung udara yang keluar dari ban dan itu menunjukkan adanya kebocoran.
  • Tandai posisi kebocoran pada ban dalam tersebut dengan menggoreskan obeng atau apa saja yang dapat terlihat.
  • Lalu pasangkan alat pemanas (alat tambal ban) pada jala-jala listrik.
  • Keringkan terlebih dahulu ban dalam menggunakan kain lap hingga benar-benar kering agar nantinya hasil tambalan yang di dapat memuaskan.
  • Siapkan bahan parut penggosok dan gunakan parut tersebut untuk menggosok bagian ban dalam yang bocor tadi hingga permukaannya menjadi kasar.
  • Potong bahan penambal ban atau kompound dengan ukuran secukupnya (sekitar 2x2 cm).
  • Oleskan lem pada bagian ban dalam yang akan ditambal dan oleskan lem juga pada salah satu sisi permukaan guntingan kompound tadi.
  • Tempelkan guntingan kompound yang telah diberi lem pada bagian yang ban dalam yang bocor.
  • Pasang kertas timah pada bagian atas guntingan kompound.
  • Letakkan ban dalam di alat pres ban dengan posisi kompound tadi menempel secara terbalik pada alat pengepres ban.
  • Putarlah ulir pres ban sampai dengan kompound menempel kuat pada ban dalam.
  • Hidupkan tombol On yang ada pada alat pres, dan filamen atau elemen pemanas akan memanaskan tambalan ban.
  • Tunggu sekitar 10 menit sampai kompound menyatu dengan ban dalam yang bocor tadi secara kuat.
  • Matikan terlebih dahulu peralatan tambal ban dengan cara menekan tombol off.
  • Teteskan air pada sekitar tambalan ban tadi denan pelan atau sedikit demi sedikit, hal ini agar bagian tambalan bisa terlepas dari alat pres ban.
  • Kemudian pasang kembali pentil ban dan isilah ban dengan angin dengan tekanan kurang lebih 3 kg/cm2.
  • Cek juga hasil tambalan ban dengan cara yang sama seperti di atas yaitu memasukkan ban ke dalam bak air, dan jika tidak ada gelembung udara, maka berarti proses tambalan berhasil. Setelah itu kempeskan kembali ban dalam tersebut agar memudahkan pemasangan ban dalam pada ban luarnya.
  • Pasang lagi ban dalam pada roda dan pompa kembali sesuai dengan tekanan kerja yang telah ditentukan pada masing-masing kendaraan.

Itulah prosedur atau cara tambal ban kendaraan yang benar, namun cara tambal di atas di atas mengguanakan alat pres yang elektrik. Sedangkan pada umumnya untuk tambal ban sepeda motor menggunakan alat pres manual yang biasanya diputar, pada prinsipnya sama saja dan langkahnya pun sama. Dengan demikian sobat dapat melakukan tambal ban sendiri dan terlebih bagi siswa SMK yang hendak magang atau praktek industri di bengkel umum, walaupun jarang ada tambal ban pada bengkel umum. Namun seditdaknya ini menjadi dasar yang berguna jika suatu saat kita hendak berbisnis tambal ban.

Cara atau Prosedur Tambal Ban Tubeless

Sedangkan untuk cara menambal ban tubeless silahkan ikuti panduannya berikut ini:
  • Langkah pertama adalah kendurkan baut-baut roda untuk melepas roda dari kendaraan. dan perhatikan baut-bautnya agar tidak salah pasang ketika nanti memasang roda kembali.
  • Bersihkan semua permukaan ban tubeless, lebih baik menyemprotnya dengan air agar benar-benar bersih.
  • Periksa ban tubeless secara visual terlebih dahulu apakah ada paku atau benda lancip lainnya yang menancap di ban tubeless.
  • Setelah menemukan benda yang menancap pada ban tubeless, segera lepas atau cabut benda tersebut menggunakan tang.
  • Langkah berikutnya adalah siapkan peralatan tambal ban tubeless yaitu alat suntikan dan penusuk.
  • Letakkan tabung kompon (compound tube) di alat suntikan tersebut.
  • Lalu tusukkan ujung suntikan di bagian permukaan ban yang berlubang tadi.
  • Tekan tabung kompon agar kompon keluar mengisi bagian permukaan ban yang berlubang atau bocor.
  • Jika sudah cukup, tarik suntikan kompon dari ban tubeless.
  • Kompon tidak langsung kering, oleh karena itu tunggu hingga kompon mengering dan menyatu pada carcass ban luar.
  • Setelah kering, agar hasil tambalan bagus, rapikan bekas tambalan tadi dengan pisau untuk meratakannnya, dan lakukan dengan hati-hati.
  • Pompa kembali ban tubeless dengan kompresor jika ada atau pompa manual yang bikin capek, dan sesuaikan ukuran tekanan ban dengan spesifikasi dari ban tersebut. Silahkan lihat artikel tentang tips memilih ban luar dan ban dalam, disana ada penjelasan tentang ukuran tekanan ban sesuai spesifikasi ban.
  • Setelah diisi angin atau udara, cek lagi ban tubeless tersebut apakah masih ada kebocoran atau tidak dengan cara memasukkan roda ke dalam bak berisi air. Jika tidak ada gelembung-gelembung maka proses penambalan telah berhasil.
  • Langkah terakhir adalah pasang kembali roda pada kendaraan.
Itulah Cara Menambal Ban Tubles Sendiri Yang Benar Seperti Planet Ban. Semoga dengan tips ini dapat membantu sobat yang hendak menambal ban tubeless di motor maupun ban tubeless mobil. Yuk disebarkan. Salam Otomotif! Jangan lupa baca juga penyebab mesin mobil cepat panas


Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

© Copyright 2020 Belajar Otomotif - All Rights Reserved