Cara Memeriksa dan Menyetel Katup Motor . Memulai cari ide bisa lebih cepat jika menggunakan contoh, tepat kalau begitu anda mengunjungi situs yang mengulas berbagai macam tentang otomotif. Kendaraan sepeda motor hingga mobil bus dan truk. Memilih postingan ini untuk mengembangkan wawasan kamu, mengatur ide yang hendak dikeluarkan untuk memulai sebuah keinginan. Tentu saja semua itu diperlukan referensi, setidaknya setelah anda membaca disini, bisa sedikit mengetahui apa saja yang harus dilakukan. Kalau begitu selesaikan saja tulisan ini.
Cara Memeriksa dan Menyetel Katup Motor. Katup merupakan komponen pada sepeda motor yang berfungsi untuk membuka dan menutup saluran ruang bakar. Saluran tersebut dilalui oleh campuran bahan bakar dan udara pada katup masuk, sedangkan pada katup buang salurannya dilalui oleh gas hasil sisa pembakaran. Katup terletak di kepala silinder dan terdapat tutup katup yang menempel di kepala silinder.

Katup digerakkan oleh mekanisme katup yang terdiri dari poros cam, batang penekan, pegas penutup dan rol baut penyetel. Pembukaan dan penutupan katup diatur oleh poros cam (camshaft). Konstruksi mesin sepeda motor akan kami bahas pada artikel tersendiri untuk memudahkan sobat. Sedangkan pada artikel kali ini motorrbaru.blogspot.com akan membahas tentang cara memeriksa dan menyetel katup.


Kenapa katup perlu dilakukan pemeriksaan dan penyetelan? Karena katup mempunyai celah yang dapat berubah-ubah, walaupun pada sepeda motor kelas berat (motor laki) ada yang sudah memakai sim atau bahkan ada yang sudah tidak memakai penyetelan katup lagi. Celah katup ini jika tidak sesuai dengan spesifikasi misalnya terlalu longgar atau terlalu sempit maka dampaknya ada pada kinerja mesin, daya mesin menjadi tidak optimal atau bahkan dampak buruknya yaitu dapat merusak mesin itu sendiri.


Cara Menyetel Katup Motor Empat Langkah (4 Tak)

  • Pemeriksaan dan penyetelan katup adalah sebagai berikut:
Posisikan kunci kontak pada posisi OFF. Buka tutup katup pada kepala silinder menggunakan kunci pas yang besar (biasanya ukuran tutup katup di kepala silinder itu besar)

Lalu posisikan piston pada top kompresi, caranya adalah dengan memperhatikan tanda T pada rotor magnet dan tanda tersebut tepat lurus dengan tanda garis pada body mesin sepeda motor. Pada posisi Top ini, celah platina membuka dan ketua katup menutup.




Jika piston belum tepat di posisi top kompresi, maka putarlah poros engkol dengan kunci. Tips agar memutar posor engkol ringan, lepas dahulu busi dari dudukannya. Putar hingga tanda T pada rotor magnet terlihat melalui lubang di body mesin motor dan posisikan tanda T tersebut lurus degan garis di body mesin.
Setelah pada posisi top kompresi, setel celah katup menggunakan feeler gauge. Pilih ketebalan feeler gauge seuai dengan spesifikasi celah katup masing-masing motor. cara menyetel katup adalah dengan mengendorkan mur dan masukkan feeler gauge dengan ketebalan yang sesuai spesifikasi tadi. Rasakan gesekan dari feeler gauge tersbut (agak berat jika ditarik). Lakukan itu sambil memutar baut penyetel. Setelah dirasa pas setelanya (yaitu agak berat jika ditarik feelernya) maka kencangkan mur penguncinya.

Setelah kedua katup disetel, lalu pasang kembali komponen yang telah dilepas tadi. Setiap pemasangan komponen adalah kebalikan dari langkah pemasangan. Lalu cobalah hidupkan motor.

Cara Menyetel Katup Motor Dua Langkah (2 Tak)

Cara menyetel katup pada motor 2 tak hampir sama caraya, yaitu sebagai berikut:
  1. Matikan kunci kontak terlebih dahulu
  2. Buka tutup pelindung katup dengan kunci.
  3. Posisikan piston pada posisi top kompresi. Untuk memastikan bahwa piston berada pada posisi top caranya adalah dengan melihat tanda T yang ada di rotor magnet dan posisinya harus tepat lurus dengan garis yang ada pada bodi mesin motor. Jika belum di posisi top, maka caranya sama seperti langkah ke 4 pada penyetelah katup motor 4 tak di atas.
  4. Setel celah katup, langkahnya sama seperti di atas.

Ciri-ciri atau tanda bahwa katup terlalu longgar adalah suara berisik dari kepala silinder. Sedangkan ciri-ciri katup terlalu sempit biasanya motor terasa sulit jika dihidupkan. Demikianlah artikel tentang cara memeriksa dan menyetel katup motor. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan dishare atau berkomentar melalui kolom komentar di bawah ini. Salam Otomotif. Baca juga cara memperbaiki bumper mobil yang rusak

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

© Copyright 2020 Belajar Otomotif - All Rights Reserved