Penyebab Cat Motor Cepat Pudar dan Kusam Serta Solusinya. Memulai cari ide bisa lebih cepat jika menggunakan contoh, tepat kalau begitu anda mengunjungi situs yang mengulas berbagai macam tentang otomotif. Kendaraan sepeda motor hingga mobil bus dan truk. Memilih postingan ini untuk mengembangkan wawasan kamu, mengatur ide yang hendak dikeluarkan untuk memulai sebuah keinginan. Tentu saja semua itu diperlukan referensi, setidaknya setelah anda membaca disini, bisa sedikit mengetahui apa saja yang harus dilakukan. Kalau begitu selesaikan saja tulisan ini. Memang banyak sekali penyebab cat motor cepat pudar dan kusam, beragam solusi merubah cat seperti baru bisa kalin lihat disini.Merawat motor itu seperti merawat istri (bagi yang sudah beristri) hehe. Kok bisa? Karena kotor sedikit dilap, dimandiin, supaya bodinya terlihat mulus dan tidak ada goresan sedikitpun. Bodi motor adalah salah satu hal utama yang dilihat ketika orang membeli motor bekas. Apakah lecet, kusam, banyak goresan ataukah masih mulus. Menjaga cat motor agar tetap mulus berarti sobat juga menjaga harga jual dari motor tersebut. Karena motor yang banyak lecet apalagi bekas jatuh ataupun cat yang kusam membuat harga motor bisa turun. Dalam artikel kali ini akan membahas apa saja penyebab cat motor kusam dan bagaimana solusinya. Ada beberapa penyebab cat motor kusam, berikut ini sekaligus saya berikan solusinya.

  • Panas Terik Matahari

Ini biasanya diakibatkan kebiasaan penempatan motor atau parkir pada tempat-tempat yang terbuka. Panas sinar matahari sangatlah berpengaruh pada pudarnya warna dari cat motor tersebut. Apalagi jika sobat parkirnya hingga berjam-jam. Radiasi sinar ultraviolet dari matahari dapat mendekonstruksi lapisan cat motor, sehingga mengakibatkan warna cat motor tersebut mejadi pudar, kusam dan menguning.
Solusi:
Tempatkan atau parkirkan motor sobat pada tempat yang teduh dan sebaiknya yang tertutup. Sobat juga dapat mengatasinya dengan menutup motor dengan baju atau sarung motor yang tersedia di toko-toko aksesoris.
  • Terkena Air Hujan

Ternyata selain panas, hujan juga menjadi penyebab cat kusam. Hal itu karena air hujan yang mengandung zat asam nitrat (HNO3) dapat merusak lapisan pengkilap cat pada bodi motor. zat asam nitrat juga bisa mempercepat proses korosi pada logam seperti pada mesin atau sasis. Zat ini biasanya terbentuk karena polusi udara, terutama di daerah perkotaan.
Solusi:
Tidak mungkin kita menghindari hujan dimusim hujan, maka solusinya adalah setelah motor sobat terkena air hujan, segera bilas motor tersebut dengan air bersih, jangan menundanya.
  • Debu yang Menempel

Debu yang lama melekat pada bodi motor akan membuat daya kilap plastik bodi menjadi berkurang. Jadi jangan diremehkan, debu yang menempel pada bodi mobil juga menyebabkan motor menjadi cepat baret. Debu tersebut juga dapat mengganggu keindahan warna pada bodi motor sehingga motor terlihat menjadi kusam.
Solusi:
Solusinya adalah mandikan motor kesayangan sobat alias rajin-rajinlah mencuci motor. dan usahakan jangan mengelap debu pada motor dengan lap kering. Karena lap kering justru akan menyebabkan baret-baret kecil atau tipis pada permukaan bodi motor tersebut. Sebaiknya dilap dengan kanebo atau kain mikrofiber dan biasakan langsung membasuh debu dengan air hal ini agar debu pada motor tersebut luntur terbawa air.
  • Tumpahan Minyak

Minyak rem adalah salah satu musuh bebuyutan cat. Mungkin ketika sobat membawa motor ke bengkel dan tidak sengaja kena cipratan minyak rem. Selain itu bahan bakar minyak juga mempengaruhi cat pada motor. minyak rem dan cat motor tersebut dapat membuat cat menjadi kusam dan pudar.
Solusi:
Ketika sobat mengetahui kalau bodi motor terkena cipratan minyak rem atau bahan bakar minyak. Segeralah bersihkan dengan lap kanebo.
  • Proses Pencucian Motor

Proses pencucian yang kurang baik seperi menggunakan sabun colek ataupun detergen untuk mencuci bodi motor dapat merusak cat pada bodi motor. karena sabun colek atau detergen mempunyai zat kimia keras yang dapat mengkikis dan merusak cat motor.
Solusi:
Gunakan shampo khusus untuk motor ketika sobat mencuci motor. Dan sebaiknya mencuci motor ketika kondisi mesin dingin dan ditempatkan pada tempat yang teduh,
  • Proses Pengeringan Kurang Tepat

Pengeringan yang kurang sempurna semisal masih ada bercak air yang tertinggal pada bodi motor, bisa memunculkan noda air ataupun jamur pada bodi motor dan ini akan sulit dihilangkan.
Solusi:
Setelah sobat mencuci motor, keringkan motor hingga pada bagian celah-celah. Gunakan lap kanebo atau lap halus agar tidak menggores cat bodi motor. Itulah beberapa cat motor kusam serta solusinya. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita. Jangan lupa bagikan artikel mengenai Penyebab Cat Motor Cepat Pudar dan Kusam Serta Solusinya ini yaa. Baca juga macam macam kunci yang dipakai bengkel motor

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

© Copyright 2020 Belajar Otomotif - All Rights Reserved